Periksa 4 Elemen Penting ini ketika Merawat Pemanas Air

Awasangho – Perawatan menyeluruh tentu bakal dibutuhkan kalau kamu mau memakai pemanas air dalam jangka panjang. Sama seperti alat elektronik lain, merawat pemanas air berarti meminimalisir kemungkinan munculnya kerusakan di perangkat tersebut.

Buat orang awam seperti kita, perawatan yang dilakukan bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Nah, berikut tips untuk merawat perangkat pemanas air agar tidak mudah rusak dan bertahan lama.

Merawat pemanas air: periksa kondisi kelistrikan

Kamu sebaiknya melakukan pengecekan secara rutin di bagian thermostat dan electric heater pada mesin pemanas air.

Selain mengecek kelistrikan, perhatikan juga cara pemakaian. Pemanas air dengan sistem tangki penyimpanan sebaiknya dibiarkan menyala setiap saat.

Hal tersebut berguna untuk menjaga thermostat agar suhu air di dalam tangki tetap maksimal. Tipe pemanas air yang menggunakan tangki penyimpanan membutuhkan waktu untuk memanaskan air.

Karena itu bakal lebih baik kalau kamu tidak sering mematikan pemanas air, supaya selalu siap digunakan setiap saat.

Perhatikan Safety Valve

Jangan pernah lupa untuk selalu mengecek safety valve secara berkala untuk menjaga kualitas pemanas air. Ini adalah alat yang berfungsi untuk memeriksa apakah ada tekanan berlebihan di tangki bagian dalam pemanas.

Selain itu safety valve bertugas menjaga suhu air di dalam tangki agar tetap stabil.

Untuk mencegah supaya nggak ada masalah di safety valve, kamu sebaiknya memeriksa apakah ada penyumbatan yang menyebabkan suhu air dalam tangki berubah.

Rutin Periksa Kondisi Pipa

Penyumbatan adalah musuh bagi pemanas air. Karena itu kamu sebaiknya juga memastikan aliran pipa pemanas air bebas dari penyumbatan yang mungkin diakibatkan kotoran, pasir maupun debu.

Kalau sampai pipa tersumbat, air panas tidak akan mengalir dengan maksimal. Selain itu sumbatan pada pipa saluran air panas bisa menyebabkan munculnya karat dan retakan bila dibiarkan.

Jaga Kebersihan Elemen Water Heater

Hal berikut ini juga tidak kalah penting dan jangan sampai terlewat. Menjaga kebersihan pada elemen, tangki dan komponen-komponen mesin pemanas air.

Kamu harus memastikan jika semua itu terbebas dari karat supaya elemen penting tersebut tetap dalam kondisi baik dan tidak timbul korosi, dengan begitu tidak akan terjadi kebocoran tentunya juga menjadi lebih awet.

Nah, demikianlah sederet cara atau tips agar water heater kamu tetap tahan lama dan awet. Sekarang tentunya kamu tidak perlu khawatir lagi dalam melakukan perawatan bagi mesin pemanas air yang ada di rumah.

Intinya, kamu harus rutin dalam melakukan pengecekan, jika ada yang rusak walau hanya sedikit sebaiknya langsung diperbaiki, jangan menundanya.

Bagi yang baru memutuskan untuk memiliki water heater, pastikan bila mesin pemanas air tersebut merupakan produk dengan kualitas dan kuantitas terbaik. Misalnya seperti pemanas air ARISTON.

Leave a Comment