5 Alasan kenapa Beli Mobil Bekas lebih Direkomendasikan

Awasangho – Mereka yang terbentur masalah biaya ketika ingin beli mobil biasanya akan mengalihkan opsi beli mobil bekas. Pilihan macam ini sebetulnya sangat rasional, apalagi bila budget pribadi belum memungkinkan untuk membeli mobil baru.

Mengapa beli mobil bekas?

Opsi pembelian mobil bekas bisa saja dipilih sebagai alternatif, seandainya budget Anda terbatas dan Anda tidak merasa masalah menyimpan mobil secondhand di rumah.

Selanjutnya, keputusan membeli mobil bekas bisa jadi dilandasi fakta bahwa mobil yang akan dibeli nantinya mobil pertama, dan Anda masih bujangan. Kalau sudah begitu faktanya, mobil baru jadi tidak terlalu penting.

Nah selain budget dan situasi personal, ada 5 alasan lain yang akan memantapkan hati Anda memilih mobil bekas ketimbang mobil baru.

  1. Angka kilometernya masih rendah

Salah satu pertimbangan yang bisa diambil ketika membeli mobil bekas adalah kilometer yang sudah ditempuh mobil. Semakin kecil angkanya, semakin bagus kendaraan itu.

Jadi kalau Anda kebetulan menemukan mobil bekas dengan kilometer rendah alias baru menempuh jarak pendek, misalnya 25,000 kilometer, maka itu bisa jadi pilihan yang sangat bagus. Apalagi kalau kilometernya lebih pendek dari 25,000.

  1. Terawat dengan baik

Mobil yang terawat dengan baik tentu saja lebih disukai. Terawat di sini bukan cuma soal bodi yang kinclong, tapi juga mesin yang terawat dengan baik.

Karena itu luangkan waktu sejenak untuk memeriksa mobil bekas yang diincar dengan seksama. Kalau perlu lihat buku catatan servis dan periksa apakah pemilik sebelumnya rutin menservis mobilnya di bengkel resmi.

  1. Bukan bekas banjir atau tabrakan

‘Big no’ untuk mobil bekas banjir atau tabrakan. Sebelum pergi memeriksa ke penjual mobil bekas, ada baiknya membawa teman yang paham cara melakukan inspeksi kendaraan sekaligus mencari tahu apakah ia bebas bekas banjir dan tabrakan.

  1. Ada sertifikat kualitas

Produsen otomotif tertentu, misalnya Toyota Indonesia, menyediakan kesempatan bagi seseorang untuk membeli mobil bekas bersertifikat.

Sertifikat di sini lebih berfungsi sebagai penanda bahwa mobil bekas yang dijual Toyota sudah diperiksa dan dijamin kualitasnya, serta bebas dari masalah.

  1. Suara mesin masih halus

Mobil yang bagus kualitasnya bisa dinilai pertama-tama dari suara mesin yang dikeluarkan. Walau bekas, namun kalau suara mesinnya masih halus, maka bisa dipastikan mobil itu adalah barang bekas yang berkualitas.

Tentu saja kehalusan suara mesin mobil bisa dipastikan dengan mudah. Anda cukup memastikan tidak ada benturan suara perkakas maupun suara gesekan di bagian dalam mobil.

Cara menemukan tempat jual mobil bekas berkualitas

Umumnya orang memiliki dua opsi ketika membeli mobil bekas. Pertama adalah membelinya dari pengguna atau pemilik pertama. Dan kedua adalah membeli mobil bekas dari tempat penjualan mobil bekas.

Hanya saja membeli mobil bekas di showroom biasanya bakal menambah biaya pembelian, sebab harganya lebih mahal ketimbang membeli mobil bekas dari tangan orang pertama. Tapi memang benar pembelian lewat showroom jadi opsi menarik karena Anda punya lebih banyak pilihan mobil untuk dibawa pulang.

Lebih jauh lagi, sebaiknya Anda menghindari pembelian mobil bekas dari perantara. Alasannya karena harganya bakal lebih mahal.

Opsi pembelian mobil bekas dari tangan pertama lebih asyik. Anda bisa berbincang dengan pemilik sebelumnya, sembari mencari tahu bagaimana dia memperlakukan mobilnya. Dan kalau beruntung, Anda bisa membawa pulang mobil bekas yang mulus, cakep dan terawat.

Beli mobil bekas memang tidak perlu rumit, kan?

Leave a Comment