5 Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Awa Sangho – Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa mempertebal kantong. Anda bisa mencoba beberapa bisnis rumahan yang mudah dijalankan, bahkan sambil mengasuh anak dan mengerjakan pekerjaan rumah lain.

Keuntungan dan ide bisnis rumahan yang bisa dipertimbangkan

Keuntungan bisnis rumahan adalah jam kerjanya yang fleksibel. Anda bisa membagi waktu antara mengurus rumah tangga sembari mengurus bisnis.

Namun yang perlu dipikirkan terlebih dulu sebelum memulai bisnis adalah tipe usaha yang ingin Anda jalankan.

Bingung? Jangan khawatir. Kami punya 5 ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa dijalankan di rumah:

Bisnis tanaman Hias

Anda tentunya tahu, belakangan ini trend berkebun mengalami peningkatan drastis. Hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini terbilang kecil. Apalagi jika anda juga suka berkebun dan mengembang biakkannya sendiri.

Membeli satu tanaman, kemudian dikembangkan di pot-pot kecil dan dipasarkan.

Mengingat ada beberapa jenis bunga yang memang cukup mudah budidayanya. Anda bisa memasarkannya ke tetangga hingga menjualnya secara online.

Tak harus membuka store, anda bahkan bisa membukanya di rumah. Yang jelas usaha ini memiliki prospek yang bagus dan bisa anda kerjakan di sela sela mengurus rumah serta anak anak.

Menjadi dropshipper

Bisnis rumahan ibu rumah tangga yang juga banyak dipilih adalah menjadi dropshipper. Sebagai “agen” pemasaran barang dari supplier ke tangan konsumen, bisnis ini hanya membutuhkan kuota internet saja, sebab Anda bisa menjalankannya secara online.

Anda bisa memilih produk yang banyak dibutuhkan atau sedang populer untuk dijual. Mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga produk skincare atau fashion.

Karena bisa berbisnis tanpa harus memilki stok barang, yang perlu Anda lakukan hanya memasarkan produk entah lewat iklan, media sosial atau lewat website.

Berbisnis sebagai dropshipper sebetulnya lebih mudah dilakukan. Selain tidak membutuhkan stok barang, Anda hanya

Berjualan pulsa

Kendati sudah menggunakan internet, bukan berarti masyarakat tak membutuhkan pulsa. Untuk itu bisnis pulsa bisa dijadikan ide bisnis rumahan ibu rumah tangga yang juga menjanjikan.

Anda tak hanya menyediakan pulsa elektrik, tetapi juga bisa untuk pulsa listrik maupun paket internet. Jasa top up game hingga dompet digital juga bukan ide yang buruk.

Bisnis ini bisa dilakukan tanpa harus menyewa ruko atau store khusus. Bahkan Anda bisa menyatukan usaha jualan pulsa dengan bisnis rumahan lain seperti berjualan sembako, misalnya.

Terlibat sebagai franchisee

Bisnis franchise makanan cukup menjanjikan, dan mudah dikelola. Yang Anda butuhkan adalah modal dan lokasi jualan yang strategis.

Kenapa mudah dikelola? Karena Anda tidak perlu memikirkan materi promosi ketika bergabung dengan bisnis franchise tertentu. Lalu Anda bisa mendapat bimbingan langsung dan layanan lain yang pada intinya membantu usaha Anda berkembang.

Terlibat sebagai franchisee pada dasarnya kesempatan bagi Anda untuk membeli hak untuk memperdagangkan produk atau jasa yang dimiliki merek tertentu.

Ada banyak pilihan bisnis franchise yang bisa dipertimbangkan, termasuk FnB (Food and Beverage) dan laundry. Bisnis franchise tipe FnB mungkin jadi tipikal yang patut Anda prioritaskan.

Menjadi Vlogger

Bagi anda yang aktif dengan media sosial, bisnis rumahan ibu rumah tangga ini bisa dicoba. Vlogger menjadi profesi baru yang juga menjanjikan keuntungan berlipat.

Anda bisa membagikan kegiatan sehari-hari, tentang review makanan dan hal-hal yang anda kuasai. Bisa dilakukan sembari mengurus rumah tangga, modal yang dibutuhkan juga tidaklah banyak. Anda bahkan bisa memakai sebuah smartphone sederhana.

Itulah beberapa ide yang bisnis bagi ibu rumah tangga yang bisa anda coba. Untuk memulai memang butuh keberanian, tetap bukan berarti tidak bisa dilakukan di tengah-tengah sibuknya mengurus rumah.

Jam kerja yang fleksibel, anda juga bisa menyesuaikan dengan hobi atau keterampilan yang anda kuasai dan menyulapnya menjadi pundi-pundi cuan.

Leave a Comment